06.31
andy subandiyo
No comments
Pegas berfungsi untuk menghilangkan getaran karoseri yang ditimbulkan oleh pukulan jalan pada roda. Selain itu juga menjamin roda tetap menapak pada jalan.
Pemegasan pada kendaraan dihasilkan oleh: ban pegas suspensi dan pegas tempat duduk.
Massa tak terpegas (A), meliputi:
Roda, rem, aksel dan pegas bagian bawah.
Massa terpegas (B), meliputi:
Bodi dan semua komponen yang melekat pada bodi, penumpang barang dan pegas bagian atas.
Sifat – sifat:
Pegas Koil
Pada saat pemegasan, batang pegas koil menerima beban puntir dan lengkung
Sifat-sifat:
Suspensi Independen
Pegas Hidropnuematis
Sifat – sifat:
Kendaraan penumpang / sedan
sumber : http://winof.wordpress.com/2011/01/10/macam-macam-pegas/
Pemegasan pada kendaraan dihasilkan oleh: ban pegas suspensi dan pegas tempat duduk.
Massa tak terpegas (A), meliputi:
Roda, rem, aksel dan pegas bagian bawah.
Massa terpegas (B), meliputi:
Bodi dan semua komponen yang melekat pada bodi, penumpang barang dan pegas bagian atas.
Kendaraan semakin nyaman jika massa tak terpegas semakin ringan
1. Pegas DaunSifat – sifat:
- Konstruksi sederhana
- Dapat meredam getaran sendiri (gesekan antara daun pegas)
- Berfugsi sebagai lengan penyangga (tidak memerlukan lengan, memanjang – melintang)
Pegas Koil
Pada saat pemegasan, batang pegas koil menerima beban puntir dan lengkung
Sifat-sifat:
- Langkah pemegasan panjang
- Tidak dapat meredam getaran sendiri
- Tidak dapat menerima gaya horisontal (perlu lengan-lengan)
- Energi beban yang diabsorsi lebih besar daripada pegas daun
- Dapat dibuat pegas lembut
Pegas Batang Torsi (Puntir)
Sifat – sifat:- Memerlukan sedikit tempat
- Energi yang diabsorsi lebih besar daripada pegas lain
- Tidak mempunyai sifat meredam getaran sendiri
- Dapat menyetel tinggi bebas mobil
- Langkah pemegasan panjang
- Mahal
Suspensi Independen
Pegas Hidropnuematis
Sifat – sifat:
- Elastisitas tinggi
- Saat pemegasan tidak timbul gelembung udara pada oli
- Dapat untuk mengatur tinggi bebas kendaraan
Kendaraan penumpang / sedan
sumber : http://winof.wordpress.com/2011/01/10/macam-macam-pegas/
0 komentar:
Posting Komentar