Cari Artikel

    • ONLINE

      Jumat, 20 Agustus 2010

      misteri batu planet mars

      mars-mystery-rock
      NASA mencoba untuk mengidentifikasi lapisan aneh di bebatuan dikeluarkan dari kawah
      Pelapisan pada Rocks Sekitar Kawah Muda


      lapisan Aneh di bebatuan di samping kawah Mars muda tetap membingungkan setelah melihat pendahuluan pada data dari pemeriksaan situs dengan bajak Peluang NASA.

      bajak itu menghabiskan enam minggu menyelidiki kawah yang disebut "Concepcion" sebelum melanjutkan perjalanan panjang bulan ini. kawah ini sekitar 10 meter (33 kaki) dengan diameter. Dark sinar membentang dari itu, seperti yang terlihat dari orbit, ditandai di muka sebagai target yang menarik karena sinar menyarankan kawah masih muda.

      Batu-batu terlontar ke luar dari dampak yang digali Concepción adalah potongan dari jenis yang sama dari batuan dasar Peluang telah melihat di ratusan lokasi sejak mendarat di bulan Januari 2004: lembut, sulfat-kaya pasir gelap memegang bola lebih keras lada-ukuran seperti berry di muffin. Lingkup kecil, kaya zat besi, mendapat julukan "blueberry."

      Banyak Rocks di Kawah ini Apakah Pelapisan tersebut


      "Ini jelas dari gambar yang Peluang mengambil pendekatan untuk Concepción bahwa ada hal-hal aneh pada banyak batu di dekat kawah," kata Steve Squyres dari Cornell University, Ithaca, NY, penyelidik utama untuk Peluang dan bajak kembarannya, Roh. "Ada gelap, keabu-abuan bahan pelapis wajah dari batu dan patah tulang mengisi mereka. Setidaknya bagian itu terdiri dari blueberry macet bersama sedekat Anda bisa pak mereka Kami belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya.."

      Peluang digunakan alat pada lengan robot untuk memeriksa bahan ini biasa di batu yang disebut "Chocolate Hills." Di beberapa tempat, lapisan bola erat dikemas terletak di antara lebih tipis, lapisan halus. "Sepertinya sandwich blueberry," kata Matt Golombek, seorang bajak ilmu-anggota tim di NASA's Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, California.

      analisis awal komposisi lapisan itu tidak menunjukkan komponen jelas dari batuan ruang apa pun yang menghantam Mars untuk menggali kawah, tapi yang tidak mengejutkan, Golombek kata. "Dampaknya sangat cepat, sebagian besar menguap penabrak," katanya. "Film tipis mencair bisa dibuang, tetapi biasanya komposisi mencair adalah barang yang penabrak menghantam, daripada bahan penabrak."
      mars-blueberries
      Impactor Puing atau Mengisi Bersama Common?


      Komposisi Peluang ditemukan untuk bahan pelapis yang gelap cocok setidaknya dua hipotesis sedang dievaluasi, dan mungkin orang lain. Salah satunya adalah bahwa material yang dihasilkan dari pencairan sebagian blueberry yang mengandung batu pasir dari energi dampak. Lain adalah bahwa itu dibentuk dari pengisian patah tulang dalam jenis batu sebelum dampak tersebut terjadi.

      "Mungkin bahwa ketika Anda mencairkan batu karang ini, batu pasir mencair sebelum blueberry lakukan, blueberry meninggalkan utuh sebagai bagian dari lelehan lapisan," kata Squyres. "Sebagai alternatif, kita tahu bahwa jenis batu telah patah dan batu pasir dapat larut. Long lalu, air yang mengalir melalui rekahan bisa membubarkan batupasir dan blueberry dibebaskan yang jatuh ke dalam rekahan dan dikemas bersama. Dalam hipotesis ini, dampak yang digali kawah tidak berperan dalam pembentukan bahan ini, tetapi batu split di sepanjang patah tulang sehingga material terkena pada eksterior seperti sebuah lapisan. "

      Bahan ini Apakah Tidak Ditemukan Di Kawah Lain?


      Golombek berkata, "Salah satu pertimbangan yang melompat keluar adalah bahwa kita sudah mengemudi di sekitar tempat ini Mars selama enam tahun dan tidak pernah melihat hal ini sebelumnya, maka kita bisa sampai ke kawah muda ini dan itu seluruh lapisan batu kawah. Tentu seperti ada sambungan, tetapi itu hanya bisa terjadi secara kebetulan. "

      Pengamatan bahwa batu-batu dilemparkan dari kawah belum terkikis jauh lebih merupakan bukti bahwa kawah yang masih muda, menegaskan saran dari sinar gelap. Squyres berkata, "Kami tidak siap untuk melampirkan nomor ke itu, tetapi ini benar-benar muda ini merupakan kawah termuda yang pernah kita lihat dengan Peluang dan mungkin yang termuda bajak baik telah melihat.."

      Mengapa Apakah Sinar Kawah The Dark


      kunjungi Satu pertanyaan Kesempatan itu tidak menjawab adalah tentang sinar gelap: "Kami bertanya-tanya sebelum sampai ke Concepción mengapa sinar gelap," kata Golombek. "Kami menemukan bahwa sinar adalah area dengan blok batu pasir cahaya-kencang dikeluarkan dari kawah Mereka tampak gelap dari orbit karena bayangan bahwa blok casting ketika orbital gambar diambil pada pertengahan siang.."

      Sejak Concepción berangkat pada tanggal 9 Maret Peluang telah mendorong 614 meter (2.014 kaki) jauh di sepanjang rute ke tujuan jangka panjang di Endeavour Kawah, sekitar 19 kilometer (12 mil) dengan diameter dan masih pada jarak berkendara lebih dari 12 kilometer (7 mil).

      Kembali Pada Jalan untuk Berupaya!


      Squyres berkata, "Kami sedang berada di jalan lagi Kami memiliki bajak sehat dan kita memiliki kekuatan yang cukup untuk drive substansial.. Kami ingin mendapatkan Endeavour dengan bajak yang sehat. Dibutuhkan target menarik bagi kita untuk menghentikan dan belajar. Dan Concepción adalah sasaran menarik. " JPL, sebuah divisi dari Institut Teknologi California di Pasadena, mengelola Mars Exploration Rover Proyek untuk Direktorat Misi Sains NASA, Washington

      Sumber : www.geologi.ft.undip.ac.id

      0 komentar:

      Posting Komentar

      Popular Posts

      next page

      Subscribe To RSS

      Sign up to receive latest news